Microsoft mengakusisi Nokia

CALIFORNIA - Kabar mengejutkan beredar, menyebut bahwa Microsoft akan mengakuisisi unit bisnis telefon Nokia. Konferensi pers digelar pada 3 September 2013, yang mengungkap detail lebih lanjut merger atas kedua perusahaan tersebut.
Dilansir Coolsmartphone, Selasa (3/9/2013), kerjasama Microsoft dengan Nokia telah dimulai sejak dua tahun lalu. Stephen Elop telah mengundurkan diri dari CEO Nokia dan kini menjadi ‘Executive Vice President of Devices & Services' bersama Risto Siilasmaa yang mengambil alih peran CEO.
Website Slashgear melaporkan, perusahaan asal Redmond, Amerika Serikat tersebut akan memiliki lisensi paten dan layanan mapping Nokia. Dengan akuisisi ini, kabarnya Microsoft berencana untuk meningkatkan keuntungan dan saham perangkat mobile.

Selain itu, perusahaan ingin adanya 'peningkatan sinergi', inovasi lebih cepat dan pemasaran yang lebih terpadu serta pendekatan branding. Sementara di kubu Nokia, perusahaan asal Finlandia ini bisa mendapat manfaat dengan penguatan profil keuangan serta memperoleh dasar investasi yang lebih padat.

Coolsmartphone mengungkapkan, Microsoft setuju untuk membeli Nokia sebesar USD7,17 miliar atau sekira Rp78,7 triliun. Website juga memaparkan keterangan dari Steve Balmer and Stephen Elop.

"Kerjasama kami selama dua setengah tahun terakhir, yang dikombinasikan kekuatan kami masing-masing untuk membangun sebuah ekosistem mobile global yang baru, telah menciptakan hasil yang luar biasa. Perjanjian hari ini akan mempercepat momentum perangkat dan layanan nokia," terang pejabat Nokia - Microsoft ini.

Para petinggi ini mengungkapkan, komitmen dan sumber daya dari Microsoft untuk mengambil perangkat dan layanan Nokia ke depan, kini perusahaan bisa merealisasikan potensi penuh dari ekosistem Windows. Perusahaan akan menyediakan pengalaman paling menarik bagi seluruh pengguna.

"Kami akan terus membangun ponsel yang Anda cintai, seraya berinvestasi di masa depan," tutur Steve Balmer. Dengan akuisisi ini, perusahaan akan terus menyediakan ponsel dan layanan baru yang mengombinasikan teknologi terbaik dari Microsoft serta Nokia.

Microsoft mengakusisi 'semua substansial' dari Devices and Services Business, yang meliputi unit Mobile Phones and Smart Devices, tim desain, semua fasilitas operasi dan produksi. Selain itu, tim penjualan dan pemasaran serta tim support. Kabarnya, sekira 32 ribu pekerja akan ditransfer ke Microsoft. (amr)

sumber: okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan sampaikan pendapat Anda disini, tapi dimohon untuk tidak nyepam. terima kasih..

Pages