Memperbaiki Konektor Charger BlackBerry

Konektor charger Blackberry menggunakan tipe MicroUSB, konektor ini pun ditetapkan menjadi konektor yang standar sehingga hampir semua ponsel terbaru menggunakan tipe ini.

Memang sejak Blackberry mengganti konektor dengan tipe ini, jarang lagi terdengar adanya ponsel Blackberry yang mati karena di charge. Namun kerusakan lain sering terjadi! Yaitu konektor ini rentan sekali rusak. Salah posisi charger, terlalu kasar ketika memasukkan charger acap kali membuat konektor ini rusak


 Apakah sulit mengganti konektor ini? Tidak! Ada beberapa langkah yang harus kita lakukan. Jangan asal bongkar, karena bisa mengakibat kan putus jalur dan akan mempersulit kerja kita. Alat yang kita perlukan untuk perbaikan antara lain, blower, solder, obeng, pinset, fluks dan timah.

1. Langkah pertama angkat konektor dengan blower. Sabar, karena permukaan ground yang cukup luas, membutuhkan waktu agak lama untuk memastikan bagian kaki conektor cair. Angkat pelan pelan, jangan sampai putus.

2.Bersihkan bagian kaki konektor dengan solder. Ingat jagan sampai kaki konektornya nempel ke sebelahnya.

3. Siapkan konektor yang baru. Dalam proes pemasangan, peniupan angin panas jangan dilakukan dari atas conektor karena bagian dalam konektor bisa meleleh, sehinga conektor akan rusak. Caranya gunakan belower dari bawah PCB, dan tahan dengan piset hingga timah mencair.
Konektor
Selamat mencoba

sumber: tabloid pulsa

0 komentar:

Posting Komentar

silakan sampaikan pendapat Anda disini, tapi dimohon untuk tidak nyepam. terima kasih..

design by : cristofel tata www.atareload.com