CLUSTERISASI SELULER : PENJAJAHAN DAN PENINDASAN TERHADAP KAMI PARA PEDAGANG PULSA SELULER


MOHON KESEDIAANNYA UNTUK MEMBACA..
Sekedar info dan wacana bagi kita semua.,bahwa negeri kita ini telah benar - benar terjajah di segala sektor kehidupan bernegara. TERUTAMA SEKTOR EKONOMI.. Ga butuh pemikiran yang tajam dan handal.,juga ga butuh analisis yang rumit..,berbagai peristiwa nasional yang terjadi di negeri kita sejak tahun 2000 lalu.,memperlihatkan bahwa negara kita sepertinya berjalan tanpa arah dan konsepsi ke arah yang lebih baik.. FAKTA UTAMA : Korupsi di segala sektor pemerintahan TERJADI SECARA TERBUKA..TANPA RASA MALU..TANPA RASA BERDOSA.. Dari atas sampai bawah..!! Bahkan telah jadi virus.,KITA DI DIDIK JADI BANGSA YANG BERMENTAL KORUP..!!

Nah.,efek dari korup & bobroknya manajemen negara.,JUSTRU JADI KEBAHAGIAAN BAGI PARA PENGUSAHA (Perusahaan Multi Nasional) dan negara - negara yang berkepentingan atas penguasaan terhadap negara kita.. Apa KEUNTUNGAN bagi mereka ? YA..Mereka DENGAN LELUASA MENJAJAH SECARA EKONOMIS negeri ini.. YA..,Mereka memaksa Bangsa kita jadi Bangsa Kelas Pekerja sekaligus jadi Konsumen YANG KONSUMTIF.. Pola yang digunakan ? Sampai hari ini.,suka ga suka.,mayoritas bangsa kita dalam dialektika Peradaban Modern (Kosmopolit).,adalah bangsa yang bodoh secara intelektual TAPI TETAP GAYA DAN GA KETINGGALAN ZAMAN.,Padahal GAPTEK..!!

Ga bermaksud mendramatisir..sekali lagi.,ini adalah KENYATAAN..!

Salah satu Persoalan yang tertutup (sengaja ditutup dengan rapi).,adalah "komunikasi perdagangan" yang diterapkan dalam Industri Layanan Komunikasi Seluler..

Ini salah satu persoalan yang kami "curhatkan".,sebagai akibat dari keterangan di atas.

Bukanlah hal yang berlebihan.,bila kami katakan kalau kebutuhan komunikasi layanan seluler (via telephon seluler / handphone) pada zaman informasi dan zaman modern sekarang.,adalah KEBUTUHAN POKOK yang (kalau dipaksakan) Bisa dikatakan Tingkat Kebutuhannya BERBANDING LURUS atau beda tipis lah ama SEMBAKO.. Tul ga?

Contoh : bisa di pastikan (kalau dirata - ratakan) per individu mengeluarkan biaya kurang lebih Rp 5000 sehari untuk pulsa seluler..
Pelanggan layanan seluler di Indonesia lebih dari 100juta pelanggan..Angka yang teramat BESAR..Dan tentu mengandung nilai perdagangan yang EKSPEKTATIF dengan OMZET LUAR BIASA (katakanlah pemakaian pulsa seluler rata - rata per individu Rp 2000 sehari dikalikan (x) 100juta jumlah plnggan..,maka = nilai perdagangan pulsa seluler adalah RP 200 TRILYUN DALAM SEHARI...!!!!)..Gila..Perdagangan yang mengandung NILAI EKONOMIS LUAR BIASA...!!!

Sampai di sini.,dapat dimengerti ya..

Lanjut.,

Berdasarkan "asumsi kami yang tergesa - gesa atau katakanlah asumsi subyektif dan agak sembrono" (tapi asumsi itu mengandung fakta empiris)..,BAHWA, KEBUTUHAN terhadap Komunikasi Seluler di zaman sekarang ini.,HAMPIR SAMA dengan KEBUTUHAN terhadap SEMBAKO..!

Maka.,sesuai dengan amanat UUD 1945.,yang berkaitan dengan sumber daya alam yang menyangkut Hajat Hidup Orang Banyak.,(SEMBAKO adalah contoh dari kebutuhan / Hajat Hidup Orang Banyak)..,ADALAH HAK BAGI SETIAP WARGA NEGARA, YANG DIJAMIN DAN DILINDUNGI OLEH NEGARA ATAS DASAR AMANAT DALAM KONSTITUSI SUCI NEGARA KITA..!!!
Kenapa ? KARENA SEMBAKO ADALAH KEBUTUHAN POKOK / UTAMA MANUSIA..!!!

Berkaitan dengan asumsi tingkat kebutuhan masyarakat terhadap komunikasi seluler.,MAKA DAPAT PULA DI SIMPULKAN (mau ga mau kita harus akui ini, walaupun butuh diskursus dan penelitian lebih lanjut).,BAHWA Komunikasi Seluler MERUPAKAN Hajat Hidup Orang Banyak dan menjadi HAK setiap warga negara.,yang seharusnya memperoleh porsi perhatian dan penanganan yang lebih serius dari pengelola negeri ini..! Tul Ga?
Gimana Ga? Wong.,nilai perdagangannya (padahal baru perhitungan kasar dan mengambil sample angka dengan nilai minim lho ini..) DALAM SEHARI RP 200 TRILYUN..!!!!!!!!
KATAKANLAH Wahai Saudaraku Sebangsa dan Setanah Air (hehehehe.,begaya patrotik dikit bahasanya).,berapa banyak komoditas perdagangan (di Indonesia) yang nilainya sebesar ini???

Sampai disini dapat dimengerti kan ya...

Lanjut., Apa maksud dari tulisan kami di atas??............ MAKSUD KAMI ADALAH :

Kami hendak MEMBERI TAHU bahwasanya TELAH TERJADI PENGUASAAN DAN MONOPOLI PERDAGANGAN SELULER YANG "MERAMPOK" DAN MENINDAS KAMI PARA PEDAGANG KECIL..!!Siapa yang "memonopoli"?? XL, Telkomsel, dan Indosat..!!Bagaimana??Begini.. Mereka Membuat Sistem Perdagangan dan Distribusi Pulsa Seluler yang dinamakan SISTEM CLUSTER..!! Kami Mengartikan Sistem Cluster ini dengan Kalimat : "GROSIR DAN SERVER DITIADAKAN.,RITEL/ECERAN JADI SAPI PERAH.,KONSUMEN TETAP AMAN"..

Kok Bisa ??

Sedikit fakta awal : Sejak awal tahun 2000.,komunikasi seluler menjadi trend masyarakat millenium (sekarang bergeser jadi "KEBUTUHAN POKOK")..,KAMI MENYATAKAN DENGAN SETERANG - TERANGNYA (tanpa bermaksud menegasikan faktor dan andil dari yang lain) Bahwa KEMAJUAN PESAT operator seluler sekarang ini TIDAK LEPAS DARI KONTRIBUSI PARA PEDAGANG SELULER (PULSA) MULAI DARI PEDAGANG GROSIR SAMPAI ECERAN (KONTER)..! Karena.,operator seluler menjalin komunikasi intens yang persuasif dengan kami.,dalam memasarkan produk mereka..!
Kita (operator) menyadari bahwa teknologi komunikasi seluler adalah hal yang baru dan awam (tahun 2000-an) bagi masyarakat Indonesia. Untuk itu.,marketisasi mereka melalui iklan dan promo lainnya TIDAK CUKUP.. Maka mereka menjadikan kami (terutama dalam hal ini Konter / Pedagang Eceran) sebagai "Customer Service" nya mereka. Kami lah yang justru banyak memberikan pandangan.,menyampaikan maksud dari iklan.,menjelaskan produk.,bahkan.,"maaf" ikut mensukseskan iklan seluler yang kebanyakan menjebak konsumen..!
DAN SEKARANG.,MEREKA MENEMUKAN SEBUAH SISTEM YANG TIDAK LAGI MEMERLUKAN SEBAGIAN DARI KAMI (PEDAGANG) DALAM MENDISTRIBUSIKAN DAN MEMASARKAN PRODUK MEREKA.,YANG EFEK DARI SISTEM INI ADALAH "PERAMPOKAN" DAN "PEMBUNUHAN" DAYA EKONOMIS KAMI PARA PEDAGANG..!! YAITU SISTEM CLUSTER..!

Apa itu sistem Cluster?

Kami jelaskan perlahan.,maaf agak panjang..,mohon banget kesediaan dan kesabarannya untuk membaca...

Clusterisasi seluler adalah sistem distribusi produk layanan seluler (pulsa elektrik, termasuk kartu perdana) dalam hal perdagangannya.,yang dibatasi penggunaannya, peredarannya, dan perdagangannya, (kalimat ini berada dalam pengertian dan koridor para pelaku pasar seluler).,dalam satu wilayah tertentu (secara umum : per kecamatan).,dengan menunjuk satu Dealer (perusahaan distributor utama operator) sebagai pelaku tunggal dalam mendistribusikan produk seluler.. Pembatasan ini diblock dengan suatu sistem yang menggunakan teknologi tertentu..

Maaf kalo agak rumit ya.,tapi begitulah. Maklum, kami bukan aktor intelektual.

Salah satu Prakteknya begini :
Untuk mengisi pulsa elektrik.,kami menggunakan satu chip (berisi stok pulsa) yang (dulu) dapat diperoleh di Dealer atau Grosir manapun yang kami suka.. Nah.,sekarang., Kami HARUS BELI CHIP TERMASUK STOKNYA DI DEALER YANG TELAH DITUNJUK OLEH OPERATOR DI SUATU WILAYAH (Di Jakarta.,per Kecamatan).
Misalnya : saya buka konter di kec Jatinegara. Dealer untuk produk telkomsel ("ditunjuk" oleh Telkomsel) di kec Jatinegara misalnya Dealer Anu. Maka, saya hanya BISA BELANJA STOK PULSA ELEKTRIK, hanya di Dealer Anu..!! Kalau saya beli chip (stok pulsa elektrik) di kec lain.,maka Chip itu atau Stok itu GA BISA DIPAKAI / DIJUAL di kec Jatinegara tempat saya.. Canggih kan??

Trus.,Persoalannya di mana?
Pasti bisa diperkirakan dong.,efek dari adanya SUATU PENGUASA PASAR TUNGGAL..!

Salah satu contohnya aja, gini : Begitu sistem cluster itu dah berjalan.,dan area masing2 dah di block ama operator., Dealer MENAIKKAN HARGA PULSA ELEKTRIK..!!! Dan kami GA PUNYA PILIHAN SELAIN TETAP HE-EH TUK BELI.,Krna kami bisa belanja di tmpat lain..!!
NGERI KAN NI PENGUASA PASAR?????????????itu salah satu contoh aja derita kami..Lanjut..,


Berikut fakta umum mengenai "jahanamnya" sistem cluster.!

Sistem Cluster itu GA ADIL..!! Kenapa?

Secara sederhana ada 5 (lima) pelaku pasar dalam struktur perdagangan layanan telekomunikasi seluler;
..1.. Operator (produsen) sebagai pelaku pasar utama;
..2.. Dealer, perusahaan yang memiliki perjanjian dagang dengan operator dalam menjual dan mendistribusikan barang yang diproduksi oleh operator;
..3..Sub Dealer, (biasa kita sebut dengan istilah SD atau Grosiran, termasuk juga Pedagang dengan pola Server) yang menjual produk layanan seluler.(Sub Dealer belanja barang kepada Dealer);
..4..Pedagang Ritel/Eceran, (biasa kita sebut dgn RS atau Konter). Konter belanja barang kepada Sub Dealer (Grosiran atau belanja pulsa elektrik kepada Pedagang Server);
..5..Konsumen/User, ini sasaran pasar utama industri layanan telekomunikasi. Konsumen/User belanja kepada Konter.

Dimana letak ga adilnya?
Kami (dalam hal ini terutama Konter) di paksa secara sistematis belanja hanya kepada satu Dealer. Kami ga bisa belanja ke dealer lain. Sementara di sisi yang lain, BISAKAH kami (KONTER / PEDAGANG ECERAN) MEMAKSA KONSUMEN UNTUK BELANJA HANYA DI SATU KONTER (ANGGAPLAH DIBAGI WILAYAHNYA DI TIAP - TIAP RT)????? MUSTAHIL BUKAN...??!
MAKA, MATILAH Kami KONTER - KONTER DIMONOPOLI DEALER..!
inilah yang disebut dengan GA ADIL. Lalu, Operator bersepakat dengan semua dealer (berembug) untuk menentukan harga jual. Tapi apakah Dealer BERMUSYAWARAH dengan kami (Pedagang Ritel atau SD atau Server) dalam menentukan harga jual kepada kita.?? TIDAK..!!
INILAH YANG DISEBUT DENGAN GA ADIL. Masih banyak argumen lain mengenai ketidakadilan sistem cluster.

Lanjut..,
Sistem Cluster itu "NGACAK - NGACAK" stabilitas dan struktur pasar..!! Kenapa?
Dari 5 (Lima) Pelaku Pasar di atas, harusnya semuanya tertib di jalurnya masing - masing.. Seperti beberapa tahun yang lalu. Dealer hanya jual barang kepada Grosiran / Pedagang Partai (termasuk server) dan dilanjutkan ke pedagang ritel (konter). Pasar jadi kompetitif dengan stok barang dan harga yang juga kompetitif di masing - masing Grosiran. Dulu, harga yang ditawarkan oleh Pedagang Grosir ke Konter bahkan lebih murah daripada harga yang ditawarkan Dealer sekarang.
Sekarang..,Dealer kurang ajar,..,langsung jumping jual barang ke konter, mulai dari elektrik, voucher, sampai perdana. Sales - salesnya "ngamprak" ke mana - mana. Mereka jual 5pc perdana ke konter harganya sama dengan mereka jual 500pc perdana ke Grosir / Pedagang partai. Gila ga?
MAKA, MATILAH KITA GROSIRAN - GROSIRAN DIMONOPOLI DEALER. Ujung - ujungnya tumbang juga konter - konter, karena Grosiran mau ga mau harus "berpolitik agak licin" demi mensiasati pasar.
Begitu juga dengan Server..,Dealer dulu "rakus" jual barang ke server, sembari mereka ngebangun server mereka sendiri. Karena mereka punya "Bendera" maka lebih mudah mereka jual chip multi ke perkantoran atau pabrik, juga ke konter (dengan pola master chip lah, iming - iming program yang hadiahnya paling banter "tipi ame hp"). Sekarang begitu server mereka mulai bagus, sistem cluster muncul, pedagang server di bajak stok dan harganya..
MAKA, MATILAH Kami PEDAGANG SERVER DIMONOPOLI DEALER..!
INILAH YANG DISEBUT DENGAN "NGACAK - NGACAK" PASAR. Masih banyak argumen lain mengenai "diacak - acaknya" pasar oleh sistem cluster.

Lanjut..,
Sistem Cluster itu memonopoli pasar.!! Kenapa??
Argumen di atas udah cukuplah menjelaskan bagaimana pasar dimonopoli melalui sistem cluster. Kita semua tahu, praktek monopoli itu "ga baek" dalam perekonomian. Mereka, para Dealer bagi - bagi wilayah (berdasarkan kecamatan secara umum) sesuka hatinya mereka (emang mereka pikir bapaknya yang punya wilayah?). Lalu masing - masing wilayah di block pakai "sistem yang lumayan canggih", (kayaknya kita butuh bantuan kawan - kawan hacker kali ya, untuk acak - acak sistem blok cluster and sistem server mereka?? Ada yang bisa nge hack?), dan mereka pun berpesta pora di wilayah kekuasaannya. Faktanya, para Dealer yang saingan trus kewalahan sendiri dengan dealer saingannya, akhirnya bikin cluster, supaya nyaman mereka semua.
MAKA, MATILAH Kami SEMUA PARA PEDAGANG SELULER DIMONOPOLI DEALER..!
INILAH YANG DISEBUT DENGAN MEMONOPOLI PASAR. Masih banyak argumen lain mengenai dimonopolinya pasar oleh sistem cluster.

Lanjut..,
Sistem Cluster itu jahat dan ga manusiawi.!! Kenapa??
Begitu wilayah udah di block, harga di naikkan (kalau dianalisis konsep kenaikan harganya, terlihat angka kenaikannya seperti memaksa kami untuk menjual di harga yang mereka inginkan (titipan operator kali ya?), tentunya kami yang rugi, tingkat keuntungan kami berkurang drastis, sementara kami sulit untuk menaikkan harga (karena "nanggung" dan juga kami tetap "saingan" dengan sesama kawan konter)). Keuntungan mereka meningkat, kami jebol. Makin kurus ni badan.!MAKIN GILA, wahai sohib pedagang (maaf gan, gw makin emosi nulis ini), kami belanja dibikin jadwal sekian hari dalam seminggu.,alasannya road plan tai kucing..!! Modal cekak, dipaksa belanja untuk beberapa hari. Mandeklah.. Sementara, di akhir pekan, mereka jalan - jalan bareng, menikmati stok mereka yang dah ludes ditumpuk di konter - konter..!
MAKA, MAMPUSLAH Kami SEMUA PARA PEDAGANG SELULER DIMONOPOLI DEALER..!!
INILAH YANG DISEBUT DENGAN JAHAT DAN GA MANUSIAWI. Masih banyak argumen lain mengenai jahat dan ga manusiawinya sistem cluster.

Sampai sini dah mulai terang kan ya.,isi curhatan kami..,

Lanjut..,
Clusterisasi seluler BERTUJUAN untuk memaksimalkan penjualan dengan mengandalkan basis "NO DISTRIBUTION STRUCTURAL"..Artinya.,ketika proses Marketisasi dari operator telah berhasil menghujam pasar dan membentuk stigma positif dari konsumen terhadap produk..,MAKA PUTUSKAN RAANTAI DISTRIBUSI..!!

Argumen ini terlihat dari :
..1. SD / Pemain Tengah (Grosir dan Server) di potong..
..2. Ritel (Eceran & Konter) di paksa berjualan sesuai konsepsi Operator dan Dealer..
..3. INI YANG PALING HEBAT DARI SISTEM CLUSTER :
"Logika seharusnya.,derivasi dari kebijakan yang menekan pedagang di struktur distribusi paling bawah.,SEHARUSNYA JUGA BEREFEK PENEKANAN TERHADAP KONSUMEN..Tul Ga?
Analogi sederhana : Kalau kami para pedagang ditekan oleh operator & dealer (baik dalam hal harga.,kualitas produk.,kapasitas ketersediaan produk)., MAU TIDAK MAU kami pun AKAN "memberatkan konsumen" dengan menaikkan harga..
TAPI ITU TIDAK TERJADI......!!!
KONSUMEN PULSA BERADA DALAM POSISI YANG SENGAJA DIAMANKAN OLEH OPERATOR...!!! KONSUMEN TIDAK TERPENGARUH SECARA NEGATIF AKIBAT KEBIJAKAN CLUSTER..!!!

KOK BISA YA...?????

1. Sistem Cluster memaksa kami (toko ritel) tetap bertahan di konsep harga (6rb & 11rb).,karena kita dipaksa tetap bersaing sesama kita toko ritel..
Konsumen Aman..!!!

2. Untuk mengantisipasi ambruknya para server dan grosir / SD.,Dealer pun telah menyiapkan server sendiri yang sistem pengisiannya lebih canggih.,akurat & on time..Sistem pemasaran multichip mereka lebih terorganisir ke pusat - pusat keramaian perkotaan.,seperti gedung pemerintah.,pusat bisnis Sudirman.,dll.
Konsumen Aman..!!!

3. Untuk mengantisipasi ambruknya toko ritel (konter) akibat margin yang tidak seimbang dgn biaya operasional (sewa toko.,kebutuhan pokok yg sangat tinggi.,dll) dan serta tidak cukupnya modal untuk membeli stok yang dipaksa oleh dealer.,serta persaingan yang mematikan dgn sesama konter....,,,Operator dan Dealer telah bekerjasama (dgn perjanjian yang jauh lebih baik & seimbang) dgn Perbankan (isi pulsa via ATM).,Supermarket (Indomart.,Alfa Mart.,dll)., POM BENSIN.,serta Operator telah sedang menggagas mesin pengisian pulsa (seperti ATM) yg diletakkan di tmpat keramaian (persis seperti konsep lokasi ATM)..,sehingga aksesibilitas konsumen makin mudah dalam mengisi pulsa..
SEKALI LAGI .,KONSUMEN AMAN...!!!

Kami PARA PEDAGANG????? PILIHANNYA ADA BEBERAPA...:
Jadi cleaning service.,buruh pabrik.,staff admin (paling keren).,atau jadi KRIMINAL SEKALIAN..!!

Sampai disitu? Tidak...!
Pada Hakikatnya KONSUMEN TIDAK AMAN..!!
KENAPA???
Betul memang.,analisis perdagangan di atas tidak membawa efek negatif secara langsung terhadap konsumen.
AKAN TETAPI.,SISTEM TERSEBUT MENUTUP KESEMPATAN KITA SEMUA (MASYARAKAT INDONESIA) BAHKAN JUGA MEREBUT HAK KITA SEMUA.,UNTUK BERUSAHA DAN MAJU DALAM PERDAGANGAN PRODUK LAYANAN SELULER...!!!!!

DISINILAH KAMI KATAKAN, KONSUMEN TIDAK AMAN..KARENA SELAMANYA HANYA JADI KONSUMEN YANG BUTA TERHADAP PRODUK DAN PENJAJAHAN VIA PERDAGANGAN...!!!!!

YAAA.....,KITA SEMUA, DIPAKSA OLEH SISTEM GLOBAL KAPITALISME UNTUK MEJADI KELAS PEKERJA & KONSUMEN......!!!!!!

"ANJING" KAGAK NEEH SISTEM...!!!!!!!
Sumpah.,Saya Berurai Airmata Menyaksikan Tragedi Bangsa ini...!!!

WAHAI.,XL.,TELKOMSEL.,DAN INDOSAT..,KALIAN ADALAH IBLIS YANG TENGAH MENUSUK KAMI DENGAN JARUM YANG KALIAN BAWA DARI NERAKA JAHANAM..!!!

BACA TULISANKU INI WAHAI KOMPRADOR BUSUK SANG PENINDAS..!!
HAYYYOOO KITA BERTARUNG...!!!

KETAHUILAH SAUDARAKU...............!!!
Clusterisasi Seluler bukan sekedar kekuatan dan sistem monopoli dgn skala nasional..Percaya atau tidak.,clusterisasi seluler, merupakan salah satu ekses dan variabel dari konspirasi global yang berkehendak atas penguasaan kehidupan di negara - negara dunia ke-3.
Yang kita hadapi adalah PENJAJAHAN MULTISISTEM yang menyerang dalam bentuk PENGUASAAN HAK DAN HAJAT HIDUP ORANG BANYAK...
Dan ini terjadi, ga cuma di sektor telekomunikasi seluler..,tapi HAMPIR DI SELURUH SEKTOR KOMODITAS PERDAGANGAN DI NEGERI INI...MAKSUD DARI TULISAN KAMI INI.,adalah :

KAMI MENYAMPAIKAN Salah satu fakta mengerikan,,BAHWA KITA BANGSA INDONESIA saat ini TIDAK LAGI BERDAULAT DI TANAH KITA SENDIRI...............!!!

KAMI MENYAMPAIKAN salah satu fakta mengerikan, BAHWA KITA BANGSA INDONESIA saat ini terjebak dan terlelap dalam Intelektual Palsu YANG TERNYATA BODOH TAPI TETAP GAUL, GA KETINGGALAN ZAMAN, DAN TERAMAT KONSUMTIF............!!!

KAMI MENYAMPAIKAN salah satu fakta mengerikan, BAHWA KITA BANGSA INDONESIA saat ini BETUL - BETUL SEDANG DIPLOT UNTUK MENJADI BANGSA PEKERJA DAN BANGSA KONSUMTIF.,SEHINGGA LELUASALAH MEREKA MENGELOLA, MERAMPOK, SUMBERDAYA BANGSA INI.........................................!!!!!

KAMI MENYAMPAIKAN salah satu fakta mengerikan, BAHWA KITA BANGSA INDONESIA saat ini TETAP DIJAJAH DAN BEEELLLUUUMMM MERDEKA...................!!!

LEBIH DARI ITU...,,

KAMI MENGHIMBAU.,SEMUA DARI KITA SEBAGAI ANAK PEWARIS DAN PEMILIK NUSANTARA..,AGAR LEBIH PEDULI DENGAN KEADAAN BANGSA..,MAU BERBUAT SESUATU YANG BERHARGA BAGI BANGSA (walau sekecil apapun)..,DAN TIDAK TERJEBAK PADA DUNIA KERJA FORMIL.,SERTA TIDAK SILAU OLEH PRODUK KOSMOPOLITAN YANG MENIPU DENGAN BUDAYA KONSUMTIFNYA...!


MOHON DOAKAN PERJUANGAN KAMI YANG MENCOBA MEMPERTAHANKAN HAK KAMI SEBAGAI ANAK NUSANTARA YANG BERDAGANG DI TANAH KAMI SENDIRI...........!!!

HANYA ITU..........!

Mohon maaf bila terkesan berlebihan dan bernuansa "dramatisasi"..Yang Jelas ini FAKTA..Bagi para pembaca yang bersimpati.,silahkan sekedar atau cukup bergabung saja dalam Grup : GERAKAN "MEMBUNUH" CLUSTERISASI SELULER DI INDONESIA..Yang punya saran dan akses untuk memudahkan perjuangan kami.,sangat kami harapkan Infonya..

Salam dari kami..Terimakasih...

MERRDEEKAAAA.......!!!!!
terimakasih buat : mas ibnoe
sumber: GERAKAN ''MEMBUNUH'' CLUSTERISASI SELULER DI INDONESIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silakan sampaikan pendapat Anda disini, tapi dimohon untuk tidak nyepam. terima kasih..

Pages